Berita Duka: Ayahanda H. M. Bachit Nawawi, SH. Tutup Usia

Sumber Foto: Humas IAIN Pontianak

Innalillahi wa innailaihi rojiun, rasa duka menyelimuti seluruh civitas academica Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN Pontianak). Mantan Dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah Cabang Pontianak periode 1984 – 1988 dan 1988 – 1991, Ayahanda H. M. Bachit Nawawi, SH. tutup usia, sekitar pukul 08:00, Kamis 9 April 2020.

Almarhum disemayamkan di rumah duka Jl. Abdurrahman Saleh 1A. no. 1 BLKI, Pontianak. Almarhum tutup usia dengan meninggalkan kesan mendalam bagi IAIN Pontianak.

Semasa hidup, beliau merupakan pelaku sejarah atas perkembangan IAIN Pontianak dan ilmu pengetahuan di Kalimantan Barat. Sebagaimana tertulis dalam nota sejarah, IAIN Pontianak terlahir dari rahim IAIN Syarif Hidayatullah – sekarang Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta – melalui embrio Keputusan Menteri Agama Nomor 93 Tahun 1973. Melalui perjuangan keras beliau selama dua periode sebagai Dekan, Fakultas Tarbiyah Cabang Pontianak terus berkembang dan berbicara banyak di dunia pendidikan di Kalimantan Barat.

Meskipun saat Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1997 tentang alih status fakultas menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pontianak (STAIN Pontianak), beliau tidak lagi menduduki jabatan tersebut, secara an sich tidak terlepas dari landas bangun keilmuan maupun institusional yang telah beliau bentuk 7 (tujuh) tahun.

Selain menghabiskan waktu dengan manfaat sebagai akademisi di IAIN Pontianak, beliau juga aktif di lembaga-lembaga keagamaan lain. Beliau juga pernah tercatat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia Kalimantan Barat. Telah banyak waktu, pikiran, dan tenaga yang telah beliau berikan untuk kemaslahatan umat.

Segenap civitas academica Program Studi Agama Islam IAIN Pontianak menyampaikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya, semoga amal ibadah, pengabdian, dan perjuangan beliau diterima Allah Swt. Amin ya Rabbalalamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *