Perkembangan Data Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi PAI IAIN Pontianak

Sumber: Sub Bagian Akademik FTIK IAIN Pontianak

PAI – Masa pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) telah memasuki waktu akhir periode pendataran, sebagaimana yang telah dijadwalkan 1 Mei 2020-30 Juni 2020. Hingga Rabu 24/06, Institut Agama Islam Negeri (IAIN( Pontianak mencatat besaran peminat calon mahasiswa baru mencapai 3.332 pendaftar melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN. Adapun jumlah peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur tersebut sebesar 485 peserta, dan telah melakukan daftar ulang sebanyak 229 peserta.

Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI) masih menjadi favorit bagi pendaftar. Kuota yang disediakan oleh Prodi PAI untuk mahasiswa baru 2020/2021 sebesar 445 kursi, dan yang telah mendaftar ulang tercatat 53 peserta atau 12% dari keseluruhan kuota penerimaan. Untuk jalur UM PTKIN, Prodi PAI membuka kesempatan bagi peminat sejumlah 228 kursi atau 51% dari keseluruhan kuota penerimaan. Sementara tercatat sebanyak 493 peminat, terdiri dari 231 peminat dengan kategori pilihan I, 177 peminat dengan kategori pilihan II, dan 85 peminat dengan kategori pilihan III.

Tahap UM-PTKIN akan dilanjutkan proses pencetakan kartu ujian setelah ditutupnya pendaftaran pada 30 Juni 2020. Sesuai jadwal, pencetakan kartu akan dilaksanakan pada tanggal 1-9 Juli 2020, kemudian dilanjutkan pelaksanakan ujian yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 15-22 Juli 2020.

Selain jalur UM-PTKIN, direncanakan Prodi PAI juga menerima mahasiswa baru melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Jalur SPMB ini akan diselenggarakan untuk pemenuhan kuota penerimaan mahasiswa baru. Tentu saja jalur SPMB ini menjadi gambaran penerimaan mahasiswa yang lebih selektif, mengingat sisa kuota tersisa dari daya tampung Prodi hanya menyisakan prosentase 37% saja, atau bahkan kurang.

Untuk para calon cendekia muda yang memiliki keinginan untuk menimba ilmu di Prodi PAI IAIN Pontianak, atau sekedar ingin mendapatkan perkembangan berita penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTKIN, maka dapat diakses melalui https://um-ptkin.ac.id/home/informasi atau melalui https://pai.iainptk.ac.id/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *