Prodi PAI Bersiap Menyambut SPMB-Mandiri Siber IAIN Pontianak Tahun 2020

Sumber Gambar: Panitia SPMB-Mandiri 2020 IAIN Pontianak

Penerimaan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak tahun 2020 telah memasuki tahapan waktu dan jalur terakhir, yakni melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (SPMB-Mandiri), setelah sebelumnya didahului oleh serangkaian kegiatan SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. SPMB-Mandiri tahun 2020 dilaksanakan dengan cara Seleksi Berbasis Rapor (Siber), yaitu dengan mempertimbangkan prestasi calon mahasiswa berdasarkan nilai rapor sekolah selama tiga tahun berturut-turut di tingkat Sekolah Menengah Atas. Adapun Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI) sebagai prodi unggulan di institusi maupun fakultas, pada SPMB-Mandiri tahun ini menyisakan kuota sebanyak 136 calon mahasiswa baru.

Alur SPMB-Mandiri Siber IAIN Pontianak 2020 dimulai dari proses pendaftaran yang direncanakan akan dibuka dari tanggal 3 Agustus 2020 dan ditutup pada 28 Agustus 2020 secara online untuk mendapatkan nomor registrasi dan password melalui laman http://sia.iainptk.ac.id/pmb.php. Setelah berhasil memperoleh nomor registrasi dan password pendaftaran, peserta seleksi melakukan pembayaran pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- di seluruh Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri terdekat, dengan menunjukkan bukti nomor registrasi.

Pada kurun waktu 3 – 28 Agustus 2020 tersebut,  pendaftar juga harus mengisi dan menyerahkan formulir Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dapat diunduh melalui http://tiny.cc/formulirUKT, beserta berkas-berkas pendukung berupa:

  1. Surat Keterangan Penghasilan dari kelurahan /kepala Desa mengenai penghasilan orang tua/wali yang bekerja di sektor informal, seperti: petani, nelayan, wirausaha, dan lain-lain;
  2. Slip gaji orang tua atau wali yang bekerja di sektor formal, seperti: PNS, TNI/Polri, BUMN/BUMD, dan karyawan swasta;
  3. Fotocopy bukti pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), jika ada;
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali yang masih berlaku;
  5. Fotocopy kartu peserta SPMB-Mandiri;
  6. Fotocopy ijazah untuk lulusan sebelum tahun 2020, atau surat keterangan lulus bagi lulusan tahun 2020 yang belum keluar ijazahnya;
  7. Fotocopy rapor dari Semester I hingga VI Tingkat Sekolah Menengah Atas.

Berkas disusun sebagaimana tata urut tersebut di atas, disusun rapi dalam bendel yang dimasukkan ke dalam amplop dokumen, dan ditujukan “Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan cq. Tim Pokja Penetapan UKT”, serta di kirim melalui jasa pengiriman dengan alamat “IAIN Pontianak, Jl. Letjend. Soeprapto No. 19 Pontianak, 78122 Kalimantan Barat atau calon mahasiswa dapat datang secara langsung di alamat tersebut.

Tahap pengumuman kelulusan seleksi calon mahasiswa direncanakan diberitakan melalui laman http://akademik.iainptk.ac.id pada tanggal 15 September 2020, dilanjutkan dengan proses pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan daftar ulang pada tanggal 15-18 September 2020. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat diunduh melalui http://tiny.cc/panduandaftarSPMB, sedangkan panduan pembayaran pendaftaran dapat diunduh melalui http://tiny.cc/panduanbayarSPMB, atau juga dapat menghubungi kontak bantuan di nomor 0895-1627-4490 (Adi Santoso) dan 0819-3377-1600 (Fatimah).

#PAIPilihanPertama #PAITerakreditasiA #PAISudahA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *