Perkuat Ciri PAI, Peta Penelitian Skripsi Diterapkan

Memberikan arahan penelitian skripsi kepada mahasiswa, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) menyusun Peta Penelitian Skripsi PAI. Menurut Ketua Prodi PAI, Helva Zurayah, M.Ag., peta dikonsep agar mahasiswa lebih luas melakukan penelitian, tidak kaku hanya karena membaca skripsi sebelumnya.

“Judul mahasiswa tidak melulu tidak PTK atau itu-itu saja, kajian di PAI itu kan sangat luas. Bisa dari materi, bisa dari kompetensi guru, seperti Pedagogi, Kepribadian, Sosial, dan Profesional. Bisa juga dari Keterampilan Mengajar”, jelasnya.

Berkaitan hal tersebut, Ana Rosilawati, M.Ag selaku Sekretaris Prodi PAI berharap bahwa mahasiswa lebih serius untuk menyusun skripsi. Mahasiswa tidak mencari jalan mudah dengan mengajukan penelitian yang sudah banyak, menyontoh penelitian sebelumnya. Menurut Ana, sebagai calon guru PAI penelitian baiknya mahasiswa memberikan ciri tersebut. Jika ingin meneliti tentang Budaya sebagai bagian dari satu sumber Pendidikan Islam dapat membaca bukunya Azyumardi Azra berjudul Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, namun menganalisnya dengan benar.

“Cirinya adalah PAI. Kita menanamkan penciri PAI pada penelitian kita yakni, Menjadi Guru atau Pendidik, sebagai Peneliti, dan Pengembang Bahan Ajar”. Ungkapnya.

Melaraskan konsep penelitian PAI, prodi telah membentuk Tim Seleksi Pengajuan Judul Skripsi. Mahasiswa dapat mengajukan judul skripsi kepada tim dengan catatan telah memenuhi persyaratan, terutama tuntas mata kuliah Metodologi Penelitian dan memeroleh persetujuan Judul Skripsi oleh Dosen Penasihat Akademik.

Selain Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi, dosen PAI yang dipilih sebagai Tim ini adalah, Rizki Susanto, M.Pd., Surianto, M. Th.I., Nelly, M.S.I., Arief Adi Purwoko, M. Sc., dan Farninda Aditya, M. Pd,.

Berdasarkan Peta Penelitian Skripsi mahasiswa dapat mengambil tema Konten Analisis Materi PAI, yakni Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Akidah Akhlak, Al-Quran dan Hadis. Dari sisi Keterampilan Mengajar, dapat meneliti Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran, Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberi Penguatan, Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar, Keterampilan Mengelola Kelas, Keterampilan Membimbing Diskusi Kecil, Keterampilan Memberikan Pengajaran Individu dan kelompok. Kompetensi Guru PAI juga sangat menarik untuk dibahas, yakni Pedagodi, Kepribadian, Sosial, dan Profesional. Perangkat Pembelajaran PAI seperti RPP juga layak untuk dikaji.

Oleh: Tim Informasi PAI

One thought on “Perkuat Ciri PAI, Peta Penelitian Skripsi Diterapkan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *