Prodi PAI Ikuti Workshop Finalisasi Kurikulum 2021

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak menyelenggarakan kegiatan Workshop Finalisasi Kurikulum Prodi sebagai forum formal untuk menetapkan kurikulum program studi di lingkungan FTIK IAIN Pontianak. Kegiatan yang dilaksanakan di Kahyangan Resort Bengkayang pada tanggal 17-19 September 2021 ini diikuti oleh seluruh prodi FTIK IAIN Pontianak, yakni: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tadris Bahasa Inggris, dan Tadris Matematika. Kegiatan ini juga diikuti oleh stakeholder dari pihak pemerintah Kota Singkawang, Dosen PAI perguruan tinggi luar, dan Guru PAI.

Pada kesempatan ini, Bujang Syukri (Staf Ahli Bidang Pembangunan dan SDM Kota Singkawang) menyampaikan pentingnya calon pendidik memahami isu-isu pendidikan dan mampu menjadi aktor terdepan dalam menjamin kerukunan umat beragama. Hal ini juga dikuatkan oleh Safari Hamzah (Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Kota Singkawang) yang menjelaskan pentingnya pendidikan multikultural agar kita mampu memahami makna kebhinekaan secara tepat. Beliau juga menambahkan bahwa mahasiswa FTIK IAIN Pontianak harus mengembangkan jangkauan kegiatan magang, tidak hanya di sekolah/madrasah tapi juga di lembaga pendidikan pesantren, TPQ/TPA, dan pendidikan non formal lainnya.

Perwakilan Dosen, Pabali Musa (Dosen Untan Pontianak) menambahkan bahwa mahasiswa perlu dibekali dengan pengetahuan kultural dan sosial masyarakat sehingga mereka mampu beradaptasi di lingkungan masyarakat yang beraneka ragam. Hal ini juga ditambahkan oleh Nurjanah (Guru PAI SMAN 1 Pontianak) bahwa masih ditemukan mahasiswa yang kurang dalam aspek sosial, kurang disiplin terhadap waktu, kurang dalam aspek pedagogik dan keterampilan terkait ritual keagamaan.

Pada kegiatan akhir, prodi PAI merumuskan kurikulum final yang nantinya akan diusulkan untuk di SK kan oleh Rektor sebagai pimpinan tertinggi di IAIN Pontianak. Pada kesempatan ini pula dibahas roadmap penelitian dan pengabdian sebagai pedoman dalam penyusunan Skripsi dan pelaksanaan KKN Fakultas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *