Dosen PAI ikuti Pelatihan Pembimbingan Akademik (PA) Bagi Dosen Universitas Tanjungpura dan Perguruan Tinggi Mitra

Pelatihan yang diselenggarakan oleh LP3M UNTAN pada 1-2 Agustus 2022 di Hotel Orchardz Perdana Pontianak, diikuti oleh tiga (3) dosen PAI pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak yakni: 1. Helva Zurayah, S.Pd, M.Ag, 2. Rizki Susanto, M.Pd, dan 3. Putri Handayani Lubis, M.Si. Keikutsertaan dosen PAI pada kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan prodi PAI dengan LP3M UNTAN.

Pelatihan PA bertujuan agar Dosen PA memiliki pengetahuan dan wawasan tentang tugas, fungsi, dan layanan PA, serta dapat memberikan layanan akademik yang baik kepada mahasiswa. Secara umum, Pemateri Pelatihan PA menjelaskan bahwa PA merupakan kegiatan mengarahkan mahasiswa dalam merencanakan, mengorganisir, dan menyelesaikan studinya selama di Perguruan Tinggi. Dosen PA memiliki peran yang sangat krusial, berupa peran sebagai narasumber, pembimbing, penasihat, motivator, dan model bagi mahasiswa PA sehingga dosen perlu dibekali keilmuan dasar mengenai pembimbingan akademik. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan bagi dosen agar dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal.

Pelatihan PA ini sangat bermanfaat bagi dosen, khususnya dosen yang baru bergabung di perguruan tinggi, mengingat pentingya peran dosen PA bagi mahasiswa.”, Ungkap Helva Zurayah selaku Kaprodi PAI.

Peserta Pelatihan PA
Jadual Pelatihan PA

Tinggalkan Balasan