Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan

  1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan
    gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa
    Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin;
  6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
  7. Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;
  8. Menguasai teori penelitian bidang Pendidikan Agama Islam dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkahlangkah inovatif dalam pembelajaran PAI di sekolah/madrasah;
  9. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;
  10. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;
  11. Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan alqur’an-hadits sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;
  12. Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan akidah-akhlak sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;
  13. Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan sejarah kebudayaan Islam sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;
  14. Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan ushul fikih-fikih sebagai sub keilmuan dari Pendidikan Agama Islam;
  15. Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;
  16. Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kreatif dan inovatif;
  17. Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk memposisikan dan mengembangkan Pendidikan Agama Islam sebagai ibu dalam pelaksanaan
  18. pendidikan karakter di sekolah/madrasah.
  19. Menguasai wawasan keislaman Borneo.