Waktu Pendaftaran UM-PTKIN Diperpanjang, Peminat Masih Berkesempatan Besar

Sumber: Panlok IAIN Pontianak

PAI – Pendaftaran dan pembayaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2020 diperpanjang hingga 5 Juli 2020 pukul 23:59 WIB,  atau mundur 5 hari dari jadwal yang semula direncanakan ditutup pada tanggal 30 Juni 2020. Perpanjangan waktu ini menjadi kesempatan baik bagi calon mahasiswa yang memiliki rencana untuk melanjutkan studi lanjut di PTKIN.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, secara keseluruhan membuka kesempatan sebanyak 1.216 kuota kursi, dan untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi-PAI), pada UM-PTKIN Tahun 2020 membuka kesempatan sebesar 226 kuota kursi. Sejauh ini, angka peminat yang telah terdaftar dan tercatat sementara untuk Prodi PAI sebesar 262 peminat pilihan I, 214 pilihan II, dan 118 pilihan III.

Animo masyarakat untuk belajar di Prodi tertua di IAIN Pontianak ini setiap tahunnya dapat dikatakan besar.  Selain memiliki kapasitas atau kuota penerimaan yang besar, Prodi PAI juga telah mengantongi akreditasi A (Unggul) dari BAN-PT. Pada Tahun 2020, peluang peminat untuk mendapatkan kursi kesempatan belajar dapat dikategorikan tinggi. Perhitungannya, total kuota penerimaan sebesar 226 berbanding 262 peminat dengan kategori pilihan I, maka akan diperoleh peluang sebesar 1:1.2 atau prosentase peluang kesempatan sebesar sekitar 80%. Jadi bagi para peminat Prodi PAI yang belum mendaftar dapat memaksimalkan peluang ini.

Tahun 2020 ini, IAIN Pontianak khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) juga menawarkan program studi baru yang tidak kalah menarik, yakni Tadris Bahasa Inggris dan Tadris Matematika. Kebutuhan industri pendidikan di masa mendatang sangat kompleks, dan kebutuhan profesional bidang pendidikan, terutama tenaga pendidikan dan kependidikan meningkat setiap tahunnya. Tadris Bahasa Inggris dan Tadris Matematika hadir untuk menjawab tantangan globalisasi dengan warna khas kearifan lokal borneo dan Islami. Melalui dua program studi tersebut diharapkan terlahir intelektual, profesional, atau tenaga pendidik yang unggul di bidangnya dengan nilai tambah berupa ‘aqliyyah  dan nafsiyyah, sekaligus berkarakter cita-rasa lokal bermutu global. Untuk dapat mengakses pendaftaran, dapat langsung klik di link https://www.um-ptkin.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *