Buat Bangga dan Haru Orang Tuanya, Tri Berhasil Pertahankan Ujian Skripsinya di Hadapan Guru Besar dan Psikolog

Oleh: Maemunah

Tri Rahmah Septia yang akrab dipanggil Tri, lulus ujian skripsi dengan nilai 86 di hadapan dua penguji, Prof. Dr. Saifuddin Herlambang, MA dan seorang psikolog terkenal di Kalimantan Barat Agus Handini, M.Psi, Psi. Judul skripsi yang ditulis Tri adalah “minat membaca Al-Qur’an peserta didik di sman 02 mempawah hilir tahun ajaran 2023/2024”, yang ditulis di bawah bimbingan Dr. Yusdiana, M.Pd danNopita Sari, M.Pd.

Skripsi yang ditulis Tri bertujuan untuk mengetahui : satu, perasaan senang membaca Al-Qur’an peserta didik SMAN 02 Mempawah Hilir; dua, perhatian membaca Al- Qur’an peserta didik SMAN 02 Mempawah Hilir; tiga, perasaan tertarik membaca Al- Qur’an peserta didik SMAN 02 Mempawah Hilir; empat, keterlibatan membaca Al- Qur’an peserta didik SMAN 02 Mempawah Hilir. Skripsi Tri ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN 02 Mempawah Hilir yang berjumlah 439 peserta didik, dengan sampel sebanyak 209 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert dan dokumentasi. Skala likert tersebut terdiri dari pernyataan dari minat membaca Al- Qur’an. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistik 29.

Berdasarkan hasil penelitiannya Tri menyimpulkan bahwa: satu, perasaan senang membaca Al-Qur’an peserta didik SMAN 02 Mempawah Hilir dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase 81.96% dikategorikan “tinggi” untuk perasaan senang; dua, perhatian membaca Al-Qur’an peserta didik SMAN 02 Mempawah Hilir dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase 73.23% dikategorikan “tinggi” untuk perhatian; tiga, perasaan tertarik membaca Al-Qur’an peserta didik SMAN 02 Mempawah Hilir dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase 81.07% dikategorikan “tinggi” untuk perasaan tertarik; dan empat, keterlibatan membaca Al-Qur’an peserta didik SMAN 02 Mempawah Hilir dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase 79.41% dikategorikan “tinggi” untuk keterlibatan.

Lulusnya Tri ini jelas membuat bangga sekaligus haru kedua orang tuanya, apalagi yang menguji skripsinya adalah seorang Wakil Rektor yang juga guru besar di bidang ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, serta seorang psikolog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *