Tiga Mahasiswi PAI Pertajam Kemampuan Meneliti di Program Kampung Riset LP2M IAIN Pontianak

Oleh: Maemunah

Penelitian termasuk ke dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup keilmuan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Hanya saja, banyak mahasiswa yang lebih memperhatikan unsur keilmuan dan sedikit mengabaikan unsur penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Padahal dua aspek ini mempunyai fungsi yang tidak kalah pentingnya dalam memberi pengalaman belajarnya sebagai mahasiswa yang kelas berkiprah nyata di tengah-tengah masyarakat.

Prodi PAI IAIN Pontianak sadar betul tentang ini. Materi pada perkuliahan di kelas, serta berasal dari buku tidaklah cukup, dan perlu diperkuat denga penelitian dan aksi pengabdian kepada masyarakat. Begitu macam isu pendukung topik penelitian yang wajib digali lebih jauh buat diuji menggunakan kelimuan yg telah mahasiswa peroleh di kelas. Melalui penelitian, mahasiswa akan dapat mengeksplor aneka macam upaya pemecahan permasalahan. Wawasan mahasiswa Prodi PAI pun bisa lebih berkembang melalui berbagai upaya menemukan alternatif solusi, dengan mengambil manfaat dari pengalaman langsung bersentuhan dengan masalah-masalah di lapangan.

Tiga Mahasiswi PAI Pertajam Kemampuan Meneliti di Program Kampung Riset LP2M IAIN Pontianak.(Dok)

Hal inilah yang melatarbelakangi, prodi PAI mengutus tiga mahasiswinya untuk mengikuti Program Kampung Riset Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Mempawah, dari tanggal 29-30 Nopember dan 1 Desember 2023. Ketiga mahasiswi tersebut adalah

  1. Dhiyan Suci Ramadhani (semester 5) yang ditempatkan di posko Pedalaman Mempawah
  2. Resta Tultuffia Sari (semester 5) yang ditempatkan di poskoTerusan; dan
  3. Pratiwi Amalia Putri (semester 7) yang ditempatkan di posko Terusan.
Tiga Mahasiswi PAI Pertajam Kemampuan Meneliti di Program Kampung Riset LP2M IAIN Pontianak.(Dok)

Ketiganya berbaur dengan mahasiswa/i lain yang ditunjuk oleh prodi-prodi yang ada di IAIN Pontianak.Kaprodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Pontianak, Dr. Syamsul Kurniawan, S.Th.I, M.S.I yang juga ditunjuk sebagai dosen Pembimbing di Program ini, mengatakan, “Selain memperoleh pengalaman belajar langsung dalam meneliti, mahasiswa akan diperkaya pengalamannya menggunakan berbagai metode penelitian dalam melakukan penelitian yang akan berguna pada meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka dalam meneliti. Kemampuan ini akan mempertajam kemampuan mereka yang akan dan sedang menulis skripsi.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *